Tips Keuangan untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

shares

Hidup sebagai pasangan muda yang baru saja menikah memang sangat menyenangkan. Tetapi jika sudah menjalani kehidupan yang sesungguhnya maka Anda dan pasangan akan dihadapkan dengan berbagai macam kenyataan hidup. 

Seperti misalnya adalah bagaimana kita bisa mengatur keuangan dengan baik. Apalagi jika kebetulan yang bekerja hanya suami saja dan istri hanya ibu rumah tangga biasa. 

Maka diperlukan yang namanya tips keuangan yang tepat dan mudah bagi pasangan yang baru saja menikah. 

Bagi pasangan yang baru saja menikah memang hal pertama yang menjadi kewajiban adalah bagaimana kita bisa memiliki rumah sendiri dalam waktu yang cepat. 

Dengan begitu kita bisa lebih mandiri dan tidak lagi bergantung dengan orang tua. Dan bila sudah tinggal di rumah sendiri maka semuanya juga bisa lebih leluasa. 

Tips Keuangan untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

Tetapi Anda dan pasangan pasti juga sudah tahu bahwa yang namanya harga rumah itu tidak sedikit dan tidak murah. 

Diperlukan usaha yang ekstra supaya bisa memilikinya. Jadi memang Anda harus benar-benar bisa mengelola keuangan dengan baik bersama dengan pasangan. 

Tidak hanya masalah rumah saja, pasangan yang baru menikah nantinya juga akan dihadapkan dengan berbagai macam kebutuhan yang tidak kalah penting. 

Misalnya jika suatu saat pasangan kita hamil, maka aka nada banyak kebutuhan yang perlu Anda siapkan. Mulai dari biaya perawatan saat hamil sampai dengan biaya lahiran nanti. 

Ini semua tidak cukup biaya yang sedikit. Jadi memang Anda dan pasangan perlu persiapan yang sangat matang. Untuk itu di bawah ini adalah tips untuk keuangan yang mudah bagi pasangan muda yang baru saja menikah: 

• Sisihkan uang gaji untuk ditabung 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara menyisihkan uang sebesar 25 % dari jumlah total gaji yang di dapatkan oleh suami. 

Jadi misalnya suami setiap bulan menerima gaji maka sebisa mungkin usahakan untuk selalu rajin menabung setiap bulannya. 

Sisihkan beberapa uang sisa dari setelah Anda mencukup biaya bulanan dengan pasangan. Dengan begitu nanti hasil uang tabungannya bisa Anda dan pasangan manfaatkan untuk berbagai macam hal. Untuk biaya beli rumah, tabungan anak dan lain-lain. 

• Catat semua pengeluaran 

Setelah Anda menyisihkan uang gaji suami, selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan. 

Jadi misalnya setiap harinya Anda memang harus menentukan berapa besaran uang atau jatah uang setiap harinya. 

Untuk makan dan lain-lain. Jadi nanti setelah itu Anda catat semua pengeluaran Anda tersebut dalam satu hari. 

Coba perhatikan kembali apakah memang ada barang yang sudah Anda beli tidak terlalu penting. Maka dari itu, usahakan untuk Anda lebih bisa membedakan mana yang memang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan saja. Dan inilah yang nantinya mampu untuk membuat pengeluaran Anda membengkak. 

Dengan menerapkan beberapa hal di atas maka bisa menjadi jaminan bagi Anda dan pasangan untuk bisa segera memiliki rumah impian jika memang Anda belum memiliki rumah. 

Tidak hanya itu saja, dengan tips keuangan di atas, maka bagi pasangan yang baru saja menikah juga bisa memiliki tabungan yang nanti akan ada banyak sekali manfaatnya. 

Seperti contohnya adalah uang hasil tabungan tersebut nantinya jika sudah terkumpul bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan mendesak atau bisa juga sebagai modal bisnis. 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar