Ini Dia Pembenahan Keuangan Rumah Tangga yang Wajib Diterapkan Saat Ini Juga

shares

Setiap orang pastinya menginginkan adanya perubahan, kondisi ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya bukan. Apalagi ketika Anda sudah menyadari kondisi yang tidak terduga bisa saja terjadi layaknya wabah virus Corona beberapa waktu lalu. 

Keuangan Rumah Tangga

Hal yang sebelumnya tidak terprediksi bukan. Bahwa tahun 2020 ini memberikan banyak pengalaman baru. 

banyak orang yang usahanya menurun terimbas pandemi Corona, begitu juga dengan mereka yang terkena PHK akibat perusahaan yang mengalami kebangkrutan. Keuangan rumah tangga juga ikut bermasalah bukan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, maka Anda harus perencanaan keuangan yang baik. Sehingga apapun yang terjadi di masa mendatang dan sifatnya tidak terduga, maka tetap bisa Anda atasi. 

Adanya manajemen keuangan yang tepat juga termasuk bentuk kasih sayang Anda untuk anak-anak. Karena memastikan kehidupan mereka dapat terjamin. 

Keuntungan dengan adanya perencanaan keuangan secara tepat ini juga dapat menjaga kondisi dana darurat yang tetap sehat. 

Ada baiknya sedini mungkin Anda juga memiliki resolusi keuangan secara tepat untuk mendukung masa depan, diantaranya adalah:

1. Mencatat arus keuangan secara transparan, hal utama yang wajib untuk dilakukan adalah pencatatan arus keuangan, hal ini hendaknya dilakukan secara transparan. 

Kejujuran termasuk hal penting yang dapat digunakan untuk membangun kepercayaan antara suami dan juga istri. Berlaku secara transparan menyebutkan nominal penghasilan dan juga pengeluaran.

2. Menentukan target masa depan bersama, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan bersama dengan pasangan adalah dengan memiliki target masa depan, jika pasangan egois hal ini sebenarnya hanya akan memecah rencana keuangan. 

Untuk itu antara suami dan juga istri hendaknya memiliki target jangka panjang atau untuk masa depan. Adanya target jangka panjang akan mempermudah untuk berjalan bersama untuk mewujudkan tujuan tersebut.

3. Komitmen dan disiplin, perencanaan keuangan ini memang membutuhkan adanya komitmen yang tinggi sehingga nantinya akan tercapai. 

Pastikan Anda dan juga pasangan disiplin untuk melaksanakannya. Karena jika seandainya anggota keluarga di rumah tidak mematuhi aturan keuangan yang sudah dibuat tersebut. 

Besar kemungkinan nantinya akan menyebabkan masalah atau kekacauan. Pastikan juga ada dana darurat di dalam perencanaan keuangan keluarga, untuk meminimalisir resiko jika seandainya ada hal yang tidak terduga terjadi.

4. Membuat estimasi dana talangan, selain dana darurat maka ada istilah juga dana talangan, agaknya ini berbeda dibandingkan dengan dana darurat. 

Karena dalam pemakaiannya maka dana talangan ini sebisa mungkin juga diganti dalam jumlah yang sama ketika sudah digunakan.

5. Mencari sumber pemasukan tambahan, karena semakin lama angka kebutuhan senantiasa meningkat, maka penting sebenarnya dalam setiap keluarga untuk mencari alternatif pemasukan darurat. 

Uang darurat ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, mulai diantaranya adalah menjalankan bisnis atau usaha sampingan sampai dengan mencari alternatif pekerjaan lain di luar pekerjaan utama, misalnya saja dengan bekerja freelance.

6. Berinvestasi dan membeli asuransi, resolusi lain yang akan membuat keuangan Anda semakin sehat adalah dengan berinvestasi, sehingga ada sumber pemasukan tambahan untuk keluarga Anda. 

Baca Juga : Cara Mudah Lapor Pajak Secara Online Melalui E-Filling

Begitu juga ada baiknya memiliki produk asuransi, tak perlu semuanya, cukup yang penting-penting saja sebagai jaga-jaga jika ada sesuatu yang tidak dikehendaki terjadi seperti ketika sakit. Maka tak perlu lagi keluar biaya untuk berobat.

Terapkan agar keuangan rumah tangga semakin sehat di tahun ini.


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar