Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Dalam Kondisi Prima

shares

Anda ingin mesin mobil anda tetap bagus dan prima ?? 😀 Apakah sudah anda perlakukan mobil anda sesuai prosedur ?? 😀 Banyak hal yang musti dilakukan agar mesin tetap dalam keadaan prima. Tak hanya ketika mobil hidup mesin jalan saja 😀 Perhatikan juga kondisi mesin mobil anda. Berikut ini adalah tips untuk merawat mesin mobil anda tetap dalam kondisi prima.

Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Dalam Kondisi Prima

Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Dalam Kondisi Prima

1. Cek Oli Mesin

Rutin cek oli mesin sebelum mesin di hidupkan. Pada kawat cek oli sudah di berikan tanda dimana oli mesin kurang dan juga cukup untuk syarat mesin dihidupkan meskipun di dashboard juga terdapat indikator lampu oli. Lebih baik kita pastikan dengan mengecek langsung secara manual saja. Karena jika oli mesin kurang otomatis pelumas yang bekerja melumasi kompenen mesin juga kurang terjaga akibatnya dapat membuat aus pada komponen mesin bahkan juga dapat berakibat fatal.

2. Cek Air Radiator (Coolant)

Peranan penting radiator tidak boleh di sepelekan karena sangat berperan penting dalam menetralisir panas mesin mobil. Jika air radiator kosong bukan hanya mendatangkan kerusakan pada mesin, tetapi juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air radiator membuat panas mesin yang melampaui batas normal disebut overheat di mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka sebaiknya memeriksa air pada radiator mobil secara berkala.

3. Bersihkan Filtration Karburasi

Salah satu penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan biasanya saringan karburasi filtration system mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi tidaklah sulit cukup dengan menyemburnya dengan angin (menggunakan kompresor) untuk menghilangkan kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan.

Baca Juga : Beragam Pilihan Mobil MPV Menarik dengan Harga Murah di Tahun 2019

4. Pemanasan Mesin

Panaskan mesin mobil sebelum melakukan aktifitas atau perjalanan. Dengan tujuan agar oli mesin terpompa naik keseluruh komponen mesin untuk memastikan semua komponen mesin bekerja dengan baik.

5. Ganti Oli Berkala

Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil sebainya diganti secara berkala dan waktu sesuai dengan ketentuan standar masing-masing tipe mobil, pada dasarnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.

Pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli sangat berperan penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli mempunyai peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.

6. Jauhi Kecepatan Tinggi

Selain membahakan bagi kita dan pengendara lain memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi juga akan mempercepat kerusakan pada mesin mobil, Kecuali jika mesin mobil kita di rangkai untuk mobil balap. Karena mesin mobil kita bukan rangkaian mesin mobil balap maka paculah mobil anda sesuai standar speed dan rpm mesin mobil anda.

7. Pemakaian Transmisi Yang Benar

Bagi mobil anda yang masih menggunakan transmisi manual juga perlu di perhatikan dalam menggunakan taransmisinya, Bedahalnya dengan mobil yang sudah menggunakan model matic. Penggunaan transmisi harus di sesuaikan dengan medan dan kecepatan serta tinggi RPM (putaran mesin) agar transmisi (preseneling) dapat bekerja dengan maksimal dan tetap prima.

8. Sesuaikan Muatan Atau Beban Ideal

Sebagian orang mungkin menyepelekan hal ini selama kerangka kuat menahan beban dan mesin kuat jalan makan apa saja dapat di angkut. Padahal justru itu akan mempercepat mobil kita rusak karena jika beban tidak disesuaikan dengan kekuatan mobil atau idealnya berarti kita memaksakan mobil untuk bekerja lebih keras lagi. Dan pada akhirnya mesin mobil yang terlalu ngoyo akan menimbulkan banyak kerusakan.

9. Service Secara Berkala

Service bukan berarti pada saat mesin mobil mati atau rusak. Service disini juga berfungsi untuk mengetahui kekurangan mobil kita terutama mesin. Karena service berkaitan erat dengan mekanik yang udah pasti ahli di bidangnya. Yang pasti tempat service yang sudah terpercaya dan juga tenaga mekani yang sudah teruji.

Siapkah Anda Melakukan Semua Itu Untuk Menjaga Mesin Mobil Anda Tetap Prima ?? 😀

Semua kendaraan awet atau tidaknya itu tergantung dari cara perawatan dan pemakaian 😀 Jika perawatan dan pemakaian tepat guna maka performa mesin pun akan tetap prima meskipun usia mesin sudah cukup tua. 🙂

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar