Inilah Keutamaan Sedekah dalam Agama Islam

shares

Sedekah sebagaimana yang diketahui sebagian besar orang yaitu memberikan sebagian harta untuk orang lain. Sedekah memang banyak dilakukan para dermawan terutama umat muslim. Apakah Anda salah satu orang yang gemar melakukan sedekah? Apakah Anda tahu apa saja keutamaan sedekah dalam agama Islam? Nah, dalam artikel kali ini akan disebutkan tentang keutamaan-keutamaan yang didapatkan dari sedekah. Namun ada baiknya Anda ketahui penjelasan tentang definisi sedekah itu sendiri.

Inilah Keutamaan Sedekah dalam Agama Islam

Apa yang Dimaksud dengan Sedekah?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), sedekah adalah memberikan sesuatu yang ditujukan pada yang berhak menerima seperti orang miskin, fakir, yatim dan lain sebagainya. Sedekah sendiri dilakukan di luar kewajiban zakat. dan jika anda berminat untuk zakat online lebih baik juga. Sedekah yang dilakukan merupakan untuk membelanjakan hartanya dijalan Allah SWT tanpa adanya embel-embel mengharapkan imbalan atau ikhlas yang semata-mata hanya berharap ridho Allah SWT sebagai bentuk dari bukti kebenaran iman seseorang.

Sedangkan istilah lain dari sedekah yaitu durasi atau derma. Sebagaimana yang telah Allah wahyukan di dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 245 yakni:

“Barang siapa yang mau memberi tahu Pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran meminta dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu memuji. ”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa arti dari sedekah adalah menyisihkan atau mendermakan harta di jalan Allah. Pemberian sedekah kepada kerabat, fakir miskin maupun orang lain harus dilakukan hanya semata-mata mengharapkan ridho dari Allah saja sehingga akan membuat pahala menjadi berlipat ganda baik itu di dunia atau juga di akhirat.

Jenis-jenis Sedekah

Mungkin selama ini yang ada dalam fikiran kita bahwa sedekah itu hanya berupa uang atau harta benda. Namun sebenarnya sedekah juga ada macam-macamnya. Berikut ini adalah macam-macam sedekah yang bisa dilakukan setiap hari.

·      Sedekah Harta (Materi)

Jenis sedekah yang paling umum dilakukan ialah sedekah berupa materi yakni harta benda. Nah, sedekah materi inilah yang biasanya dilakukan manual secara langsung kepada orang-orang yang sedang membutuhkan. Akan tetapi saat ini juga sudah bisa dengan cara online dengan melalui aplikasi. Sedangkan sedekah yang dilakukan secara online juga tentunya akan mendatangkan pahala yang sama halnya dengan sedekah langsung.

·      Membaca Kalimat Tasbih, Tahlil, dan Tahmid (Berdzikir)

Jenis sedekah yang selanjutnya yaitu membaca kalimat tasbih, tahlil dan juga tahmid yang bisa diamalkan setiap hari. Hal tersebut juga disebut dengan berdzikir atau mengingat Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Aisyah RA, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda : “bahwa dari setiap anak adam diciptakan dengan terdiri dari 360 sendi. Maka dari itu, barang siapa yang membaca takbir, membaca tahmid, membaca tasbih, beristighfar, membuang batu dari jalan, membuang duri dari jalan dan membuang tulang dari jalan serta amar ma'ruf nahi munkar, maka semua itu akan dihitung 360 persendian. Dan saat dia sedang bejalan ketika itu, sementara dia akan terlepas dari api neraka”. (HR Muslim).

·      Bekerja dan Memberi Nafkah untuk Istri dan Keluarganya

Sedekah juga bisa berupa nafkah yang diberikan kepada istri dan keluarga. Sebagaimana yang telah disebutkan di dalam hadis dari Al Miqdan bin Ma'dikarib Al Zubaidi ra bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Tidak ada pekerjaan satupun yang paling mulia yang dikerjakan oleh seseorang yang mana dia bekerja dengan cerita dari ayahnya sendiri. Setelah itu dia juga bisa menafkahkan hartanya untuk dirinya sendiri, untuk keluarganya, untuk anak-anaknya serta untuk pembantunya dan itu akan menjadi sedekah”. (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan Sedekah

Setiap sedekah yang dikeluarkan oleh setiap muslim tentu saja terdapat manfaat dan keutamaan di dalamnya. Dengan demikian, orang-orang yang mengeluarkan harta atau materinya untuk disedekahkan akan mendapatkan pahala darinya. Nah, berikut ini akan disebutkan beberapa keutamaan sedekah dalam agama Islam:

·      Sedekah Bisa Mendatangkan Naungan di Hari Kiamat

Seseorang yang mengeluarkan hartanya untuk disedekahkan dengan suka rela dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun dari orang lain, maka ia akan mendapatkan balasan yang sebanding dari Allah SWT. Salah satu balasan yang akan didapatkan adalah akan memberikan suatu naungan dan juga perlindungan di hari kiamat yang mana pada saat itu setiap orang tidak akan mendapatkan perlindungan kecuali dengan amal soleh yang dilakukan semasa hidup di dunia.

·      Sedekah Sebagai Pelindung Ketika di Padang Mahsyar

Salah satu tujuan manusia hidup di dunia adalah untuk mencari bekal untuk kehidupan di akhirat kelak. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan perlindungan ketika di padang mahsyar adalah dengan bersedekah.

·      Sedekah Bermanfaat Sebagai Obat

Melakukan sedekah adalah salah satu jalan yang sangat ampuh sebagai obat. Contohnya ketika Anda memiliki keragu-raguan sehingga sering membuat psikis Anda terganggu. Atau bagi orang yang memiliki sakit yang sulit untuk disembuhkan. Maka salah satu cara dan sebagai bentuk ikhtiar agar sembuh yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sedekah yang diberikan kepada orang yang membutuhkan. Hal tersebut bermanfaat sebagai obat mujarab untuk berbagai jenis penyakit.

·      Sedekah Mendatangkan Pahala yang Berlipat Ganda

Tentu Anda pernah mendengar bukan bahwa pahala yang didapatkan dari sedekah akan dilipatgandakan. Bahkan sedekah juga akan memberikan kemudahan dalam mencari rezeki dan akan membuka jalan rezeki.

·      Sedekah Sebagai Bentuk Ketakwaan

Takwa yaitu upaya untuk menjalankan setiap perintah dan menjauhi segala larangan dari Allah. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT yaitu bersedekah untuk orang yang membutuhkan. Dengan demikian, sedekah yang dilakukan ikhlas hanya karena Allah, maka hal tersebut akan meningkatkan ketakwaan kita.

·      Sedekah untuk Membersihkan dan Menyucikan Harta

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa setiap rezeki yang kita dapatkan sebagiannya ada milik orang lain yang lebih membutuhkan. Maka dari itu, untuk membersihkan dan menyucikan harta kita adalah dengan bersedekah.

·      Sedekah Dapat Menghapus Kesalahan

Jika ingin bertaubat dari kesalah dan dosa-dosa, maka melakukan sedekah juga menjadi salah satu dari bentuk taubat. Melakukan sedekah ini memiliki keutamaan dalam menghapus kesalahan dan dosa. Oleh sebab itu, perbanyak sedekah agar dapat menghapus kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat. Tentunya sedekah harus dilakukan tanpa mengharapkan imbalan dan harus ikhlas.

·      Sedekah Sebagai Perisai dari Api Neraka

Keutamaan sedekah yang terakhir yaitu bahwa sedekah dapat membuat pelakunya terlindungi dari api neraka. Hal tersebut dikarenakan sedekah sendiri akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda sekaligus akan menghapuskan diri dari berbagai kesalahan. Tentu saja jika melakukan sedekah dengan ikhlas karena Allah SWT.

Nah, kini Anda sudah tahu keutamaan sedekah dalam agama Islam. Jadi tidak ada alasan lain untuk tidak bersedekah karena sejatinya setiap harta yang kita miliki ada hak orang lain. Hak orang lain tersebutlah yang kita berikan dengan cara bersedekah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar