Zakat Fitrah Online Apakah Sah?

shares

Menjelang hari raya Idul Fitri ada sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim tanpa diwakili. Bahkan bayi yang baru lahirpun masih wajib untuk membayar zakat. Kewajiban tersebut adalah zakat fitrah. Zakat ini dilakukan minggu terakhir hingga sebelum hari raya idulfitri. Nah, bagi Anda yang yang ingin membayar zakat dan agar zakat tersebut sah tentu saja harus mengetahui pengertian, hukum dan syarat dalam melakukan zakat fitrah. Di sisi lain Anda juga perlu mengetahui bagaimana hukum dari zakat fitrah online. Inilah yang menjadi pertanyaan yang paling banyak dilontarkan. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Zakat Fitrah Online

Pengertian zakat fitrah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasannya zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim tanpa terkecuali. Namun untuk melakukan zakat fitrah ada beberapa syarat wajib atau syarat sah yang harus terpenuhi. Selain itu ada juga beberapa syarat seseorang tidak diwajibkan untuk membayar zakat.

Zakat fitrah masuk pada rukun Islam yang ke-3 sehingga dalam pelaksanaannya diwajibkan dan nominal yang harus dikeluarkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Islam. Bisa dibilang zakat fitrah adalah pelengkap dari puasa bulan Ramadan, sehingga tanpa membayar zakat puasa bulan Ramadan tidak sempurna.

Berkenaan dengan zakat fitrah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda bahwasannya 'Islam dibangun di atas 5 tiang pokok yaitu kesaksian bahwa tiada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah, mendirikan salat lima waktu, menunaikan zakat bagi yang mampu  berpuasa penuh di bulan Ramadan dan haji bagi yang mampu.

Hukum zakat fitrah secara online

Jika dilihat dari penjelasan di atas bahwa hukum zakat fitrah adalah fardhu bagi umat Islam yang sudah memenuhi syarat wajib ataupun syarat sah zakat. Jika biasanya zakat fitrah dilakukan secara manual dan dibayarkan langsung pada amil zakat yang biasanya tersedia di masjid, kini zakat fitrah bisa dilakukan secara online. Mungkin sebagian banyak dari kita masih bingung dan mempertanyakan apa hukum dari zakat fitrah secara online. Sebenarnya hukum zakat fitrah online diperbolehkan. Sah atau tidaknya zakat fitrah dilihat dari niat dan pembayaran zakat tersebut diserahkan kepada mustahiq.

Maka dari itu untuk melakukan pembayaran zakat secara online disarankan untuk membayarkannya melalui lembaga yang sudah terpercaya. Setelah itu lakukan konfirmasi kepada pihak amil zakat setelah. Hal ini bertujuan agar nantinya nominal yang Anda keluarkan bisa segera dikelola dan diserahkan kepada orang yang membutuhkan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melakukan pembayaran zakat secara online. Selain bisa menghemat waktu, anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Sehingga kewajiban tidak akan gugur meski memiliki kesibukan yang padat. Selain itu membayar zakat secara online juga bisa dilakukan dengan mudah, bahkan privasi anda akan terjaga.

Syarat Wajib Zakat

Dalam Islam ada tiga syarat wajib zakat fitrah yang harus dipenuhi, adapun berikut ini syarat-syarat tersebut:
• Beragama Islam dan merdeka atau bukan budak.
• Masih menemui akhir bulan Ramadan dan awal bulan Syawal
• Harta yang dimiliki pada saat itu lebih dari kebutuhannya sehari-hari.

Selain ada syarat wajib zakat, ada juga beberapa syarat yang membuat seseorang tidak wajib membayar zakat. Diantaranya berikut ini syarat gugurnya membayar zakat fitrah:

• Seseorang dikatakan gugur membayar zakat jika orang tersebut meninggal sebelum terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadan.
• Bayi yang terlahir setelah terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadan juga tidak diwajibkan untuk membayar zakat.
• Tidak diwajibkan untuk membayar zakat bagi mualaf atau orang yang baru masuk Islam setelah matahari terbenam di akhir bulan ramadan juga tidak diwajibkan untuk membayar zakat.
• Tidak diwajibkan untuk membayar zakat bagi seseorang yang menikah setelah matahari terbenam pada akhir Ramadan sehingga tanggungan istri yang baru saja dinikahi tidak wajib untuk membayarkan zakat.

Zakat fitrah secara online hukumnya sah dan diperbolehkan asalkan sudah memenuhi syarat wajib dan syarat sah zakat fitrah. Sehingga kini Anda tak perlu ragu lagi ketika membayar zakat secara online. Namun pilihlah lembaga yang menyediakan pelayanan zakat online  dan pelayanan infaq online yang terpercaya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar