Baru Mulai Bekerja? Inilah Beberapa Trik Menabung yang Bisa Anda Terapkan Untuk Menjalani Ibadah Haji

shares

Apa yang Anda lakukan saat pertama kali bekerja dan menerima gaji pertama? Menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif jelas merupakan suatu hal yang umum dan bisa dilakukan oleh setiap orang.

Baru Mulai Bekerja? Inilah Beberapa Trik Menabung yang Bisa Anda Terapkan Untuk Menjalani Ibadah Haji

Tapi, jika Anda punyaimpian untuk beribadah haji, Anda juga bisa memanfaatkan uang gaji pertama Anda sebagai tabungan untuk berangkat Haji. Bagaimana cara untuk menabungnya? Berikut ini beberapa trik yang perlu Anda simak.

Siapkan Anggaran Setiap Bulan

Jika ingin sukses menabung untuk tabungan Haji, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung dan menyiapkan anggaran terlebih dahulu.

Menghitung anggaran sangatlah penting agar Anda bisa memastikan segala kebutuhan hidup setiap bulannya bisa tetap terjaga. Selain itu, menghitung anggaran setiap bulannya juga penting agar kondisi keuangan Anda tidak minus saat ingin menabung untuk setoran Haji setiap bulannya.

Selalu Sisihkan Dana Cadangan

Setelah menyiapkan dan menghitung anggaran kebutuhan hidup setiap bulannya, maka kini saatnya untuk menyisihkan sebagian gaji yang Anda dapatkan untuk dijadikan sebagai dana cadangan.

Anda bisa menyisihkan sedikit demi sedikit dari gaji yang Anda miliki untuk dijadikan dana cadangan yang berguna sebagai tabungan Haji.

Tabungan bisa dimulai dengan menyisihkan sekitar 20 ribu setiap bulannya atau sekitar 600 ribu setiap bulannya dan dimasukkan kedalam tabungan mudharabah syariah agar lebih berkah.

Dana cadangan tersebut nantinya bisa digunakan untuk keperluan yang mendesak atau jika tidak ada kebutuhan mendesak bisa digunakan sebagai dana haji.

Disiplin

Hal terakhir yang sangat penting untuk diterapkan adalah disiplin. Anda perlu menerapkan sikap disiplin karena tanpa sikap ini upaya untuk menabung akan terasa lebih berat.

Anda bisa memulai sikap disiplin dengan mengalokasikan gaji yang didapat langsung di hari pertama untuk dialihkan sebagai dana cadangan.

Kedisiplinan juga bisa diterapkan dengan membatasi konsumsi yang tidak dibutuhkan agar tidak mengganggu dana cadangan yang telah disimpan sebelumnya. Sehingga, upaya untuk berangkat Haji bisa terpenuhi sejak pertama kali Anda mulai bekerja.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar